Pages

RELAWAN

RELAWAN

Minggu, 01 Februari 2015

MANAJEMEN KONFLIK



Definisi Konflik : ketidaksesuaian (perbedaan sesuatu) antara 2 orang tau lebih anggota-anggota atau kelompok-kelompok organisasi .
Konflik merupakan suatu kondisi dimana terjadinya ketidakcocokan antar nilai atau tujuan-tujuan yang ingin dicapai, baik yang ada dalam diri individu maupun dalam hubungannya dengan orang lain, kondisi ini mengganggu dan mempengaruhi efisiensi dan produktifitas kerja.
 

CIRI-CIRI KONFLIK
1         Ada dua pihak secara individu atau kelompok saling bertentangan
2         Memainkan peran ambigius dan adanya nilai-nilai yang saling berlawanan
3         Muncul interaksi yang saling menekan dan ingin menang sendiri
4         Muncul tindakan yang saling berhadapan
5         Muncul ketidakseimbangan

Jenis-jenis konflik :
1.       Konflik dalam diri individu
2.       Konflik antar individu dalam organisasi yang sama
3.        Konflik antara individu dan kelompok
4.       Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama
5.        Konflik antar organisasi

PENYEBAB KONFLIK
1         Beda Pemahaman
2         Beda Latar Belakang
3         Beda Kepentingan
4         Beda Sudut Pandang
5         Beda Kemampuan

SEBAB-SEBAB KONFLIK ANTAR INDIVIDU
¨  Perbedaan pendapat
¨  Salah paham
¨  Salah satu atau kedua belah pihak merasa  dirugikan      
¨  Perasaan yang selalu sensitive
¨  Konflik yang disebabkan faktor intern

Pentingnya konflik dalam organisasi
                bermanfaat untuk mengadakan perubahan atau inovasi dan menghasilkan pemecahan persoalan yang lebih baik. Konflik juga menunjukkan dinamika organisasi.
Pentingnya mengetahui adanya konflik
                Konflik yang timbul dapat segera dicegah, diarahkan bahkan dihilangkan

Cara mengetahui konflik seawal mungkin
1. Ciptakan komunikasi timbal balik                                         
2. Gunakan jasa pengawas informasi                     
3. Mintalah penjelasan pihak ketiga

Pendekatan baru dalam manajemen konflik :   
1.Penyangga atau penengah diletakkan ditengah-tengah pihak yang berkonflik
2.Membantu pihak yang berkonflik Ô mengembangkan pandangan yang lebih baik        
3.Merancang kembali struktur organisasi agar konflik berkurang

dampak KONFLIK :
1. Kemampuan koreksi diri sendiri
2. Meningkatkan prestasi Ô motivasi
3. Pendekatan yang lebih baik
4. Mengembangkan alternatif  Ô lebih baik

STRATEGI MENGATASI KONFLIK DALAM DIRI (INTRAINDIVIDUAL CONFLICT)
¨  Menciptakan dan membina hubungan
¨  Menumbuhkan rasa percaya dan penerimaan
¨  Menumbuhkan kemampuan dan kekuatan diri
¨  Menentukan tujuan
¨  Mencari beberapa alternatif
¨  Memilih alternatif
¨  Merencanakan  pemecahan masalah 

STRATEGI MENGATASI KONFLIK ANTAR INDIVIDU (INTERPERSONAL CONFLICT)
¨  Strategi kalah-kalah (lose-lose strategy)  Penyelesaian dengan melibatkan orang ketiga
¨  Strategi menang kalah (win-lose strategy) Penyelesaian melalui penarikan diri, taktik penghalusan dan damai, bujukan paksaan dan penekanan,taktik penawaran
¨  Strategi menang-menang (win-win strategy) Penyelesaian dilakukan melalui pemecahan masalah terpadu dan konsultasi proses antar pihak 

“Karena konflik kita akan menjadi lebih baik “
By : dhany_1412

0 komentar:

Posting Komentar